Home / Berita Utama / Dosen FDK Raih Gelar Doktor Hukum Islam
fdik

Dosen FDK Raih Gelar Doktor Hukum Islam

Program Pascasarjana  UIN Suska Riau  kembali mencetak lulusan Program Doktor. Salah satunya Dr. Azni, M.Ag, dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska Riau. Azni berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Poligami dalam Hukum Keluarga Islam di Indonesia dan Malaysia”, pada Sidang Terbuka Ujian Promosi Doktor, di Gedung Rektorat Lt. 5 UIN Suska Riau, Jumat (13/2/2015).

Ada beberapa alasan Azni memilih kajian tersebut. Pertama, secara akademis memiliki pengalaman studi yang concern dalam Hukum Keluarga Islam. Kedua, selama mengajar diberi kesempatan mengasuh beberapa matakuliah yang berkaitan dengan fiqh dan hukum keluarga.

“Dalam perjalanan itu, saya merasakan ada satu ruang akademis yang kosong, yakni hukum keluarga di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentu saja berimplikasi pada kurangnya literatur yang berkembang di masyarakat kampus, sehingga sulit untuk ditemukan semacam ini, apalagi yang menggunakan Bahasa Indonesia,” kata Azni dalam pengantar ringkasan disertasinya.

Alasan ketiga, lanjut Azni, minimnya literatur dan keilmuan yang memiliki kapabilitas di bidang perundang-undangan hukum keluarga Islam di dunia muslim ini,  menjadi perhatian bersama untuk dicari solusinya. “Dalam kontek itulah penulisan disertasi ini dilakukan dengan harapan memberikan kontribusi tersendiri,” ujarnya.

Hasil studi tersebut menghasilkan temuan bahwa poligami secara yuridis telah diatur dengan tegas dalam hukum keluarga Islam, baik dalam hukum keluarga Islam di Indonesia maupun di Malaysia. Dibanding dengan pendapat imam mazhab fiqh, hukum keluarga Islam di Indonesia dan hukum keluarga Islam di Malaysia dinilai lebih substantif dalam mengatur praktik poligami.

“Hal ini terlihat pada prosedur pengajuan izin poligami pada Pengadilan Agama (Mahkamah Syariah), penentuan alasan-alasan dan syarat-syarat yang harus ada untuk berpoligami serta adanya sanksi bagi seseorang yang melanggar aturan poligami,” jelas Azni menyimpulkan. (*)

About uinsuska

Check Also

Best Deal On Generics / Accutane Price / Discounts And Free Shipping Applied

Accutane Price Rating 4.5 stars, based on 232 comments | Price start from $0.63 Per pill Generic …