Home / Profil / Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran

Tujuan Prodi Manajemen Dakwah adalah:

  1. Menciptakan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan Manajemen Dakwah secara profesional.
  2. Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan praktis dalam mengelola Lembaga-lembaga Dakwah, Lembaga Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan serta Lembaga Zakat dan Wakaf.
  3. Menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan kajian-kajian keilmuan dalam bidang dakwah secara integratif.

Sasaran Prodi Manajemen Dakwah:

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penelitian bidang Manajemen Dakwah melalui penerapan sistem pendidikan yang terintegrasi.
  2. Terselenggaranya kegiatan pengembangan Manajemen Dakwah melalui penerapan Manajemen Lembaga Dakwah, Manajemen Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan, Manajemen Zakat dan Wakaf.
  3. Terbentuknya tradisi intelektual dan akademik yang kuat melalui berbagai kajian dan penelitian yang dilakukan dalam rangka pengembangan ilmu dan proses pemecahan masalah sosial dan agama.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara integrasi, terorganisir dan berkesinambungan sebagai wujud aplikasi ilmu dan tanggung jawab sosial.

Strategi pencapaian:

  1. Melakukan tinjauan kurikulum minimal 5 tahun sekali.
  2. Melakukan monitoring perkuliahan, pengembangan silabus, SAP, dan bahan ajar setiap semester (ganjil dan genap).
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk dosen dan mahasiswa dalam bidang pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan kualitas SDM dengan mengirimkan dosen untuk studi lanjut pada bidang yang relevan.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Pengabdian Masyarakat.
  6. Meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa melalui pelatihan dan praktikum.
  7. Melakukan kerjasama baik dalam dan luar negeri dengan lembaga-lembaga terkait dengan disiplin Manajemen Dakwah.