Selasa , 17 September 2024
Home / Berita Utama / Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Semarakkan HUT RI dengan Lomba Gasing Unik di Kampung Sungai Sialang Hulu Rokan Hilir

Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Semarakkan HUT RI dengan Lomba Gasing Unik di Kampung Sungai Sialang Hulu Rokan Hilir

Prodi Manajemen Dakwah :  Mahasiswa KKN  UIN Suska Riau bekerja sama dengan masyarakat mengadakan  Peringatan HUT RI ke-79 di Kepenghuluan Sungai Sialang Hulu  Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir  Riau, pada tanggal 17 Agustus 2024.

Kegiatan ini dikoordinir  oleh salah seorang  mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah UIN SUSKA Riau, a.n. Basirun Hasbullah, kegiatan ini merupakan wujud melestarikan kearifan lokal atau kegiatan   tradisional, salah satunya yang paling unik adalah lomba meleno gasing di atas kayu dan matras.

Lomba gasing ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Peserta harus mampu memutar gasing di atas batang kayu berdiameter 10 cm dan tinggi 20 cm. “Ini tantangan tersendiri karena tidak semua orang bisa melakukannya,” ujar Bapak Rudiyanto, Datuk Penghulu Sungai Sialang Hulu. Beliau menambahkan bahwa lomba ini merupakan upaya untuk melestarikan permainan tradisional Melayu yang semakin terkikis oleh zaman modern.

Selain lomba gasing, terdapat  lomba lainnya yang tak kalah serunya, seperti. lomba kebersihan lingkungan antar RT, lomba menghias rumah dan pekarangan, lomba anak sholeh, lomba azan, lomba hafalan ayat pendek, lomba hafalan doa harian, volly ball, lomba catur, lomba domino, tarik tambang, lomba ibu-ibu PKK; kupas kerang, balon dalam kardus, parut kelapa, dan lain sebagainya.  Kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, pemuda, hingga orang tua.

Lomba gasing di atas matras juga menjadi sorotan. Peserta dinilai berdasarkan durasi memutar gasing. Lomba ini diikuti oleh 50 atlet dari seluruh Kecamatan Batu Hampar.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat nasionalisme dan gotong royong masyarakat semakin meningkat. Selain itu, lomba gasing juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga.”

Penulis  : Basirun Hasbullah dan Muhammad Hafish

Editor    : Muhlasin, M.Pd.I

About muhlasin

Check Also

Mahasiswa KKN Tahun 2024 di Desa Sungai Nibung Bengkalis Sosialisasi ‘Edukasi Digital

Program Sosialisasi ‘Edukasi Digital’: KKN UIN Suska Riau Berikan Tips Aman Bermedia Sosial kepada Forum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *