Jumat , 18 Oktober 2024
Home / Berita Utama / Prodi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau dan STAIN Bengkalis Gelar Studi Dakwah Lapangan Bersama

Prodi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau dan STAIN Bengkalis Gelar Studi Dakwah Lapangan Bersama

Prodi MD UIN Suska Riau – Program Studi Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau berkolaborasi dengan Program Studi Manajemen Dakwah STAIN Bengkalis mengadakan studi dakwah lapangan di Masjid Annur  Dusun Simpang Mekar  Desa Meskom Kecamatan Bengkalis  Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini dipandu oleh Muhammad Chairil Zanata selaku mahasiswa Manajemen Dakwah, UIN SUSKA Riau dan Sofia  selaku mahasiswi Manajemen Dakwah, STAIN Bengkalis Pada tanggal 14-15 Juli 2024.

Khairuddin, Kepala Program Studi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau, menyampaikan tujuan dari kegiatan praktikum lapangan ini. “Kami sangat berterima kasih telah diterima di Desa Meskom, yang dikenal sebagai gudang fuqara dan gudang hafiz Quran,” ujarnya. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada aparatur desa yang telah menyambut rombongan mereka, serta kepada para orang tua yang telah bersedia menerima mahasiswa untuk melaksanakan praktikum.

Dalam acara tersebut, Abdul Mutholib, perwakilan dari kantor desa, menyampaikan kata sambutan yang hangat kepada seluruh peserta. Selanjutnya, dilakukan penyerahan plakat dari Ketua Prodi Manajemen Dakwah UIN Suska kepada Ketua Masjid Annur Desa Meskom sebagai simbol kerjasama dan apresiasi.

Imam Hakim selaku Ketua Senat dan perwakilan dari Program Studi Manajemen Dakwah STAIN Bengkalis turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan rombongan. “Kami sangat berterima kasih kepada Kepala Desa beserta jajarannya, serta kepada pengurus masjid dan seluruh jajarannya yang telah menerima mahasiswa kami dari Program Studi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau dan Program Studi Manajemen Dakwah STAIN Bengkalis,” tuturnya.

Penyerahan Plakat Kepada Pengurus masjid Annur desa Meskom

Kegiatan studi dakwah lapangan ini merupakan bentuk kolaborasi antara dua institusi pendidikan tinggi Islam dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengabdian masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktis dalam menerapkan ilmu manajemen dakwah di lapangan, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, terutama dalam aspek pendidikan agama untuk anak-anak.

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah Children Quiz yang dipandu oleh Adrian. Acara ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak agar rajin ke masjid dan memberikan pengetahuan kepada mereka tentang agama. Melalui quiz yang interaktif dan menyenangkan, diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap kegiatan keagamaan.

Pelaksana Kegiatan Tabligh Akbar

MC      : Muhammad Chairil Zanata  dan Sofia

Qori     : Faikul Halim

Penceramah  :

Doa    : Asnal Munawar Hasibuan

Penulis    : Muhammad Hafish

Editor      : Muhlasin, M.Pd.I

About muhlasin

Check Also

Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Raih Prestasi Gemilang di Ajang Karya Tulis Ilmiah Internasional

Banda Aceh, [6 Oktober 2024] – Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *