Sabtu , 20 April 2024
Home / Berita Utama / MAHASISWA MD ADAKAN KELAS MEDIA DAKWAH DIGITAL

MAHASISWA MD ADAKAN KELAS MEDIA DAKWAH DIGITAL

Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah  kelas 3E angkatan 2020 membuat sebuah program kelas yang berisikan konten-konten dakwah dan kemudian di upload di akun media sosial kelasnya.

Rencana (planning) pembuatan program kelas ini bermula dari semester 1. Kemudian mulai aktif membuat konten-konten dakwah pada semester 2 dan berlanjut pada semester 3.

Ketua kosma (Mhd. Musni Saputra) menyampaikan ” Tidak semua anak MD itu bisa berdakwah, disini saya jujur saya tidak bisa ceramah/pidato seperti teman-teman semua, berbicarapun saya kurang lancar. Tidak bisa di bidang itu bukan berarti saya tidak bisa dibidang yang lain, karena setiap orang ada bidangnya/masanya.”

“Bakat orang kan berbeda beda, ada yang bisa berceramah dan bercerita sama semua orang dengan mudah dan ada juga orang yang sulit untuk berceramah atau bercerita ke orang-orang ” Ujar Rahmad Alim kembali

Disi lain Ketua kosma (Mhd. Musni Saputra) beranggapan bahwa “untuk apa membuat akun intagram dan youtube kelas jika tidak diisi dengan konten-konten yang bermanfaat”.

Tujuan utama dari pembuatan program kelas ini adalah untuk mengembangkan dakwah melalui media sosial khususnya instagram dan youtube serta melatih mahasiswa kelas 3E untuk bisa berdakwah.

Program kelas yang di laksanakan pada semester 2 berupa pembuatan video dakwah singkat berdurasi 3-5 menit. Kemudian program kelas yang dilaksanakan pada semester 3 berupa pembuat quotes-quotes yang berkaitan dengan dakwah/motivasi-motivasi. Quotes dakwah ini di buat sekitar 4-5 slide.

Setiap anggota kelas wajib membuat 1 video dakwah dan quotes dakwah yang nantinya akan di unggah pada akun media sosial kelas. Adapun jadwal upload Program kelas ini adalah hari senin dan jum’at.

Selain program kelas, ada juga poster mengenai hari peringatan nasional seperti hari sumpah pemuda, hari kemerdekaan, dll yang di posting melalui akun media sosial instagram.

Program kelas ini mendapatkan respon yang sangat baik dari bupati Manajemen Dakwah (Mohammad Ikhsan Syuhada) dan di nilai sangat bermanfaat untuk mengembangkan dakwah melalui media sosial.

Instagram : @classe.md

YouTube : Class E Manajemen Dakwah

Penulis – Gusti Intan Safitri

Editor : Muhlasin, M.Pd.I

About admin md

Check Also

Studi Dakwah Lapangan “Memberikan Motivasi Belajar” di Desa Empat Balai Kampar (MD.II.B) Th. 2024

Mahasiswa Program Studi Manajemen  Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *