Jumat , 29 Maret 2024
Home / Berita Utama / MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MELAKUKAN EDUCATIONAL TOURISM KE BAZNAS SIAK

MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MELAKUKAN EDUCATIONAL TOURISM KE BAZNAS SIAK

Pekanbaru, Jum’at (13/05/2022) Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau  mengutus Mahasiswa IV A Bilingual’20 untuk melakukan perjalanan ke siak, guna melakukan Educational Tourism ke lembaga zakat nasional (BAZNAS) yang ada di kota istana, Siak Sri Indrapura,Riau.

Didampingi oleh Muhlasin M.Pd.I dan Dosen Manajemen Dakwah Pipir Romadi, M.M, serta pelepasan keberangkatan mahasiswa yang dilakukan oleh Khairuddin M.Ag  untuk melakukan educational tourism berjalan dengan khidmat.

Pukul 01.30 WIB, Mahasiswa tiba di Gedung Graha BAZNAS Siak Dan disambut hangat oleh para ‘amil dan staff yang bertugas serta melakukan sharing session bersama mahasiswa.

“Siapapun Mustahik yang datang ingin mengambil hak nya, kami tidak menyambutnya sebagai tamu. Kami upayakan untuk menyambut mereka sebagai orang yang pulang ke rumahnya sendiri untuk menjemput hak nya”,- Ujar Rojikin

Selain BAZNAS terbaik dalam pengelolaan zakat di indonesia, Rojikin juga memperkenalkan program-program dari BAZNAS Siak . Seperti Siak Cerdas, Siak Sehat, Siak Dakwah, Siak Peduli dan masih banyak lagi program lainnya. Tak hanya itu, Rojikin juga menyatakan bahwasanya gedung baru yang telah dibangun sekarang tidak memakai dana dari lembaga pusat, melainkan dana yang diperoleh melalui hasil derma ‘amil dan muzakki.

Para Staff BAZNAS Siak juga Menyediakan tempat menginap untuk para Mahasiswa Manajemen Dakwah yang datang berkunjung serta melakukan jamuan makan malam bersama.

Setelah makan malam bersama, para staff BAZNAS juga tak ingin menyia-nyiakan waktu Mahasiswa terbuang begitu saja, Mahasiswa diajak kembali untuk berdiskusi ringan dengan H. Abdul Rasyid Suharto Pua Upa, M.Ed seorang yang di tuahkan di BAZNAS Siak.

Ia mengajak mahasiswa untuk tetap terus mengingat segala kewajiban yang dilimpahkan kepada orang yang ‘aqil baligh. Ia juga memperkenalkan mahasiswa Islamic Social Finance dan menjelaskan mengenai zakat dan wakaf dengan begitu lembut dan sangat mudah dimengerti oleh mahasiswa.

Setelah melakukan kunjungan ke baznas, Mahasiswa Manajemen Dakwah juga tak lupa singgah ke Istana Siak Sri Indrapura, salah satu destinasi wisata yang ada di siak. Mahasiswa Manajemen Dakwah tampak begitu antusias untuk membuka tabir-tabir ilmu di istana melayu tersebut dengan turut aktif mendengarkan kisah sejarah dari guide tour yang ada diistana. Bahkan mereka terkejut kagum setelah mengetahui bahwasanya Sultan Syarif Kasim memiliki nasab yang sampai kepada Rasulullah SAW.

Oleh. Ryan Pratama

Editor: Muhlasin, M.Pd.I

About admin md

Check Also

Pengabdian Berbagi Bantuan Kepada Anak Yatim di Desa Siabu Kampar. MD.II.D

Pekanbaru, 08 Maret 2024,  Mahasiswa Angkatan 2023 semester II/D, Prodi Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *