Rabu , 19 Juni 2024
Home / Berita Utama / Studi Dakwah Lapangan Bagi Mahasiswa di Kepulauan Meranti

Studi Dakwah Lapangan Bagi Mahasiswa di Kepulauan Meranti

                  

Hari Jum’at – Sabtu, tanggal 05 sampai 7 Mei 2023. Program Studi Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan Studi Dakwah Lapangan yang di Desa Lukit, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Acara yang mengusung dengan tema “menggali potensi dakwah kultural pada tradisi dan kearifan lokal masyarakat kepulauan” ini dilaksanakan sejak tanggal 05 sampai dengan 07 mei 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang dosen dan 13 orang mahasiswa. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi keilmuan Manajemen Dakwah dan sekaligus pengabdian kepada masyarakat dan  berbentuk tabligh akbar sekaligus silaturrahmi bersama masyarakat desa.

Dalam kegiatan studi dakwah lapangan ini mengadakan acara di dua masjid yang berbeda, pertama di masjid Najahussurur dan yang kedua di masjid Ar-Ruhama

Dalam kata sambutannya di masjid Najahussurur ketua program studi manajemen dakwah, Khairuddin M.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah upaya memberikan kesempatan kepada mahsiswa untuk menemukan pontesi potensi dakwah kultural di lapangan, khususnya masyarakat kepulauan. Selain itu juga utk melakukan pemetaan dakwah sebagai wujud dari salah satu program yang ada di Studi Dakwah Lapangan.

Dan juga Sebagai Kepala Desa Lukit Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih banyak dan sangat senang dengan kedatangan rombongan studi dakwah lapangan program studi manajemen dakwah dan meminta maaf juga jika dalam sambutan dari warga kami ada yang kurang berkenan dan kurang baik.

Dalam ceramah ustazd soim sebagai dosen UIN Suska Membahas tentang pentingnya silaturrahmi antar sesama umat beragama, khusus masyarakat di daerah kepulauan, walaupun berbeda beda suku bangsa, tetapi tetap harus Bersatu dan tetap menjalin silaturrahmi antar sesama khusunya sesama masyarakat kepulauan.

Setelah itu diadakan quis kepada anak anak yang hadir di pada kegiatan studi dakwah lapangan di masjid Najuhussurur.  Dengan adanya quis ini agar anak anak di desa lukit ini dapat termotivasi untuk lebih semangat lagi dalam menjalankan ibadah.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat desa lukit kecamatan merbau kabupaten kepulauan meranti tim studi dakwah lapangan memberikan bantuan al-qur’an yang di support oleh Dompet Dhuafa Riau

Kegiatan ini di akhiri dengan foto Bersama dengan seluruh masyarakat di desa lukit kecamatan merbau kabupaten kepulauan meranti.

Penulis  : Lathiful Khoir

Editor    : Muhlasin, M.Pd.I

About muhlasin

Check Also

Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Manajemen Dakwah Tahun 2024

Pekanbaru, 6 Juni 2024 – Lapangan Voli Fakultas Dakwah dan Komunikasi menjadi saksi dibukanya Pekan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *