Rabu , 19 Juni 2024
Home / Berita Utama / Perkuat Kompetensi Mahasiswa, Prodi Manajemen Dakwah Mengadakan Kunjungan Ke Baznas Kota Padang

Perkuat Kompetensi Mahasiswa, Prodi Manajemen Dakwah Mengadakan Kunjungan Ke Baznas Kota Padang

Mahasiswa angkatan 2020 lokal VI.C dan VI.E Program Studi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau melaksanakan kuliah lapangan di Baznas Kota Padang sebagai bentuk pengimplementasian mata kuliah Pendayagunaan Zakat dan Wakaf. Kegiatan ini bertemakan “Yang Muda Yang Zakat” dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Mei 2023 di Aula kegiatan Baznas yang beralamat di Jalan By Pass No. 1, Sungai Sapih, Kecamatan  Kuranji  Kota Padang Provinsi  Sumatra Barat.

Kuliah lapangan ini diikuti oleh 5 orang dosen dan 74 orang Mahasiswa yang berasal dari dua local yaitu Lokal VI.C dan VI.E  angkatan 2020 Program Studi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau. Kegiatan dilaksanakan sebagai penambah wawasan terkait mata kuliah Pendayagunaan Zakat dan Wakaf yang juga berkaitan dengan manajemen dan sistem informasi Zakat.

Dalam sambutan sekapur sirih, oleh Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Khairudin, M.Pd.I menyampaikan ucapan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas sambutan dan diterimanya mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau dalam kegiatan kuliah lapangan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana mendayagunakan dana zakat kepada masyarakat Kota Padang yang notabenenya adalah pedagang dan perantau. Sebelumnya mahasiswa Manajemen Dakwah ini sudah pernah melaksanakan kuliah lapangan terkait pendayagunaan dana wakaf di Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau tutup Khairuddin, M.Ag dalam sambutan sekapur sirih.

Mahasiswa Manajemen Dakwah beserta para dosen disambut baik secara langsung oleh Ketua Baznas Kota Padang yakni bapak Yuspardi, S.Ag. dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya karena dari sekian banyaknya cabang Baznas yang ada di Sumatra Barat, Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau memilih Baznas Kota Padang sebagai tempat menimba ilmu. Beliau berharap agar mahasiswa mampu mensosialisasikan tentang pentingnya membayar zakat, dan masyarakat sejauh ini masih memahami bahwa zakat itu hanya ada zakat fitrah, oleh karenanya dengan adanya penyampaian pemateri nanti mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan bisa membantu mensosialisasikannya kepada masyarakat luas tentang adanya jenis zakat wajib lainnya.

Diakhir sesi seminar kuliah lapangan terkait Pendayagunaan Zakat dan Wakaf di Baznas Kota Padang, dari pihak Prodi dan mahasiswa memberikan plakat kenang-kenangan kepada Baznas Kota Padang sebagai apresiasi telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat terkait pengelolaan dan pendayagunaan dana zakat.

Penulis            : Pandu Dwi Yudakusuma

Editor              : Muhlasin, M.Pd.I

About muhlasin

Check Also

Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Manajemen Dakwah Tahun 2024

Pekanbaru, 6 Juni 2024 – Lapangan Voli Fakultas Dakwah dan Komunikasi menjadi saksi dibukanya Pekan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *