Senin , 29 April 2024
Home / Berita Utama / UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN FDG PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TAHUN 2023

UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN FDG PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TAHUN 2023

Dalam rangka mendukung program prioritas pemerintah Republik Indonesia khususnya Kementerian Agama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan Forum Grub Discussion (FGD) penguatan moderasi beragama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan dilingkungan UIN Suska Riau dari Rektor hingga ketua program studi selama 2 hari dimulai selasa hingga rabu 17-18 Oktober 2023 bertempat di The Zuri Hotel Pekanbaru.

Sebagai negara dengan masyarakat yang sangat beragam, kita sering menyaksikan gesekan sosial akibat perbedaan pandangan mengenai masalah agama. Hal ini tentu dapat mengganggu suasana kerukunan dan kedamaian yang kita dambakan. Ada tiga ukuran yang bisa dijadikan referensi. Pertama, dianggap ekstrim jika atas nama agama seseorang melanggar nilai-nilai luhur dan harkat dan martabat manusia, karena agama diturunkan untuk memuliakan umat. Kedua, dianggap ekstremis jika atas nama agama seseorang melanggar kesepakatan bersama demi keuntungannya sendiri; dan ketiga, seseorang yang melanggar hukum atas nama agama dianggap ekstremis. Oleh karena itu, mereka yang mengatasnamakan ajaran agamanya melanggar ketiga batasan tersebut, dapat dikatakan ekstremis dan melampaui batas.

Moderasi beragama adalah perekat antara semangat beragama dan komitmen nasional dan sipil. Yakinlah, bagi masyarakat Indonesia, beragama pada hakikatnya adalah menjadi orang Indonesia dan menjadi orang Indonesia pada hakikatnya adalah beragama. Moderasi beragama harus dijadikan sarana untuk mewujudkan manfaat kehidupan beragama dan berbangsa yang rukun, damai, toleran dan konstitusional, sehingga kita benar-benar dapat mencapai tujuan bersama menuju Indonesia maju.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber nasional  yaitu Dr. Hj. Latifatul Khasanah, S.Ag., M.A., MHSE dan Dr. Rizki Gunaan, M.Pd.I.

 

About pipir romadi

Check Also

Buka Bersama dan Reuni Akbar Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Th. 2024

Pekanbaru, 30 Maret 2024 Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan reuni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *