Selasa , 16 April 2024
Home / Berita Utama / EDUCATIONAL TOURISM TENTANG  MAGHRIB MENGAJI DI DESA BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KEBUPATEN SIAK.

EDUCATIONAL TOURISM TENTANG  MAGHRIB MENGAJI DI DESA BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KEBUPATEN SIAK.

 

Pekanbaru, Sabtu (11/06/2022) Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau  mengutus Mahasiswa IV B angkatan 2020 untuk melakukan perjalanan ke Desa Bandar Sungai kecamatan Sabak Auk kabupaten Siak, guna melakukan Educational Tourism tentang  maghrib mengaji.

Pukul 19.00 WIB, tanggal 11 juni 2022, rombongan Mahasiswa tiba di Musolla Hidayaturrahman Jl. Jaya Mukti parit II Bandar Sungai. Musolla tersebut tempat anak mengaji. Dan disambut hangat oleh ketua musolla dan Pembina maghrib mengaji  serta melakukan sharing session bersama mahasiswa.

Umi Nadhirah selaku Pembina maghrib mengaji mengatakan “ bahwa maghrib mengaji mulai berdiri kira-kira tahun 1995 dengan jumlah 3 murid  yang digagas oleh alm. Muhammad Ikhsan suami saya. Pertama sekali kegiatan maghrib mengaji dilakukan rumah pribadi saya, berhubung jumlah  muridnya bertambah banyak di rumah tidak muat kira-kira 40 murid, maka masyarakat inisiatif untuk  mendirikan musholla untuk mengaji anak-anak kita pada tahun 2008.  Kemudian sampai sekarang  Murid yang mengaji di musholla ini sekitas 110 murid. Dan  dibantu oleh 8 orang guru yang mengajar secara sukarela dan ikhlas tanpa ada honornya.

Kemudian Umi Nadhirah menjelaskan lagi “maghrib mengaji ini memiliki target hafalan-hafalan yang harus dilakukan oleh murid-muridnya dan diseturkan ke ustaz dan ustazah masing-masing. Selain itu juga program kegiatan maghrib mengaji belajar muhadharah  dan azan dalam rangka melatih mental murid-murid. Dan kegiatan hari-hari besar seperti maulud nabi dan isra’ mi’raj. selain itu juga maghrib mengaji ini juga dilakukan pengajian  ibu-ibu dan bapak-bapak khusus pada malam minggu.

Abdul Aziz selaku ketua Musolla Hidayaturrahman  dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para Dosen dan mahasiswa yang telah  berkunjung ke sini. Harapan kami  kunjungan ini  dilakukan terus kedepannya guna memberikan motivasi kepad murid-murid. Dan kami mohon maaf sebesar-besar atas sambutan yang sederhana ini.

Muhlasin, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah sosiologi Islam dan sekaligus ketua rombongan dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penerimaan kami di Musholla ini. Tujuan rombongan mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau  ke musholla ini adalah untuk bersilaturrahmi terhadap masyarakat  di Desa Bandar Sungai, yang kedua adalah untuk mengaplikasikan  antara teori di kelas ke kelapangan. Kemudian menyampai amanah dari yayasan Dompet Du’afa  berupa al-Qur’an untuk Musholla Hidayaturrahman   semoga bermanfaat bagi anak-anak yang mengaji di Musholla ini.

Kemudian ditempat Maghrib mengaji  Bu Daim  selaku Pembina maghrib mangaji yang bertempat di rumah pribadinya beliau mengatakan “ kami mengajarkan anak-anak mengaji mulai tahun 2008  yang jumlah 5 murid. Dan sekarang jumlah murid yang terdata sebanyak 80 murid. Dan dibantuk oleh 7 guru mengaji yang sukarela mengajarkan tanpa ada balayan. Kemudian pada hari-hari besar seperti maulud Nabi kami mengadakan program kgiatan seperti lomba azan, ayat-ayat pendek. Hal ini kami lakukan agar memberikan motivasi kepada anak-anak untuk lebih giat untk mengaji lagi. Selain itu kami mengadakan program kegiatan tartil dalam seminggu sekali pada waktu dari ashar mengjelang maghrib krmudian kami juga melaksanakan program  kegiatan qiraat seminggu tiga kali yang mendatangkan guru dari desa tetangga.

Oleh : Muhlasin, M.Pd.I

About admin md

Check Also

Studi Dakwah Lapangan “Memberikan Motivasi Belajar” di Desa Empat Balai Kampar (MD.II.B) Th. 2024

Mahasiswa Program Studi Manajemen  Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *