Sabtu , 27 April 2024
Home / Berita Utama / ISTANA SIAK PENINGGALAN BERSEJARAH DI INDONESIA YANG TERLETAK DI SIAK SRI INDRA PURA PROVINSI RIAU MERUPAKAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MUSLIM.

ISTANA SIAK PENINGGALAN BERSEJARAH DI INDONESIA YANG TERLETAK DI SIAK SRI INDRA PURA PROVINSI RIAU MERUPAKAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MUSLIM.

Pekanbaru – Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi Manajemen Dakwah Smt. IV/B angkatan 2020,  melaksanakan  Studi edukasi kearifan lokal masyarakat muslim mata kuliah “Sosiologi Islam”  di wilayah provinsi Siak pada Tanggal 10-12 Juni 2022. Mahasiswa  mengadakan studi edukasi dengan penelitian di berbagai tempat diantara nya  Istana  Siak Sri Indrapura

Didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah “Sosiologi Islam” yaitu Muhlasin M.Pd.I dan dosen Manajemen Dakwah Pipir romadi, M.M, selaku pembimbing dalam pelaksanaan penelitian tersebut.

Pada hari pertama mahasiswa melakukan penelitian di Istana siak untuk menanyakan beberapa pertanyaan, salah satunya mengenai kenapa Istana siak ini masih dikunjungi oleh masyarakat ?

Penjaga Istana Siak Mengatakan “ Di Istana Siak terdapat alat musik semacam gramafon, yang dinamakan Komet, alat musik ini sudah ada di Istana  Siak sejak tahun 1986. Alat music hanya ada dua di dunia”.

Mahasiswa bertanya “ kenapa alat musiknya bisa ada di Istana Siak ini pak ?”

Penjaga Istana Siak “ Karna alat musik ini dibawa oleh Sultan Siak yang XI bernama Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil, yang dibawa dari Jerman”.

oleh : Hesti Lolita

Editor : Muhlasin, M.Pd.I

About admin md

Check Also

Buka Bersama dan Reuni Akbar Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Th. 2024

Pekanbaru, 30 Maret 2024 Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan reuni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *