Kamis , 25 April 2024
Home / Berita Utama / Mahasiswa Manajemen Dakwah Laksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022

Mahasiswa Manajemen Dakwah Laksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022

Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau  melakukan pengabdian kepada masyarakat dan safari Dakwah, bentuk perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi. Yaitu pendidikan, penelitian dan Pengebdian kepada masyarakat.  (Jumát : 04/11/2022)

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan safari Dakwah ini diseleggarakan oleh Mahasiswa semester III local A angkatan 2021 Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. selama 3 hari mulai dari tanggal 04 s.d 06 November 2022 yang bertempat  di Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dan safari dakwah yang dilaksanakan di masjid Al-Ubudiyah desa Teluk Papal sekaligus dalam menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut di hadiri oleh kepala desa dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ajiz selaku kepala Dusun Teluk Pesisir, tokoh masyarakat dan juga jamaah masjid Al-Ubudiyah.

 

Kepala Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, dalam kata sambutannya menyambut baik kunjungan safari dakwah ini dengan sangat antusias dan berharap kedepannya ada lagi kegiatan-kegiatan semacam ini. Sebagai bentuk syiár bagi masyarakat dan tempat mengembangkan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa terkhusus mahasiswa yang ada di Uin Suska Riau.

Ketua pengurus masjid Al-Ubudiyah desa Teluk Papal kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa Manajemen Dakwah atas kunjungannya  kaena telah menyelenggarakan acara Safari Dakwah di Masjid kami. Harapan kami dengan kedatangan mahasiswa Manajemen Dakwah menjadi awal terjalinnya kerja sama dengan masyarakat desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif  Kasim Riau yang diwakili oleh Pipir Romadi, S.Kom.I., M.M selaku dosen pembimbing kegiatan  mengatakan bahwa kegiatan ini murni kegiatan yang di inksiasi oleh para mahasiswa sebagai pengaplikasian tri dharma perguruan tinggi pengabdian kepada masyarakat. Lanjutnya bahwa kegiatan ini sebagai ruang praktik bagi mahasiswa dalam pengembangan keilmuan di bidang Manajemen Dakwah.

Lathiful Khair selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan safari Dakwah mengucapkan terima kasih banyak kepada kepala desa teluk papal yang telah menerima kedatangan kami untuk menyelenggarakan kegiatan safari dakwah dan juga pengabdian masyarakat di desa ini, adapunn tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk moment silaturrahmi dengan masyarakat desa Teluk Papal dan sebagai bentuk pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami sebagai mahasiswa berkewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat serta belajar untuk terjun langsung ke masyarakat sebagai laboratorium praktik kami, terkhusus pada bidang keilmuan di program studi Manajemen Dakwah. Dan tidak lupa pula kami mengucapkan permohonan maaf jika terdapat kesalahan kami, baik dari ucapan dan tingkah laku kami yang tidak berkenan bagi masyarakat desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Muhammad Ramadhan Pasaribu selaku penceramah dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa hubungan keluarga yang baik merupakan keharmonisan  dalam rumah  tangga oleh karena itu Rasulullah saw sebagai suri taladan memberikan contoh memuliakan istrinya dengan panggilan yang lembut dan tidak berbicara kasar jadi, bagi kaum adam yang telah berkeluarga diharuskan bisa mencontoh suri tauladan Nabi Muhammad SAW dalam memuliakan istrinya karena kesuksesan hubungan keluarga merupakan awal dalam menjalin hubungan dalam bermasyarakat.

Adapun kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan Plakat dari sekretaris program studi manajemen dakwah, Bapak Muhlasin S.Ag,.M.Pd.I kepada tokoh masyarakat desa Teluk Papal sebagai bentuk bukti kegiatan safari dakwah dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh  mahasiswa manajemen dakwah ke desa teluk papal, kecamatan bantan, kabupaten bengkalis.

Selain penyerahan plakat, Lathiful Khair sebagai ketua pelaksana kegiatan safari dakwah  memberikan bantuan Al-Qur’än yang di support oleh Dhompet Dhuafa Riau kepada tokoh masyarakat sekaligus pengurus masjid al-ubudiyah sebagai bentuk apresiasi dari kegiatan safari dakwah yang dilaksanakan oleh mahasiswa manajemen dakwah.

Melihat antusias adik adik yang hadir pada malam kegiatan safari dakwah, kami mengadakan quiz untuk memotivasi adik adik agar lebih semangat dalam mendalami ilmu agama dan berbakti kepada orang tua.

 

Penulis : Lathiful Khair & Nurul Azizah

Editor: Muhlasin, M.Pd.I

About admin md

Check Also

Buka Bersama dan Reuni Akbar Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Th. 2024

Pekanbaru, 30 Maret 2024 Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan reuni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *