Rabu , 19 Juni 2024
Home / Berita Utama / Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Berikan Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial dalam Berdakwah

Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah UIN Suska Riau Berikan Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial dalam Berdakwah

Pekanbaru, 31 Mei 2024 – Mahasiswa kelas 4c Angkatan 2022, Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim  Riau mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Etika dan Tanggung Jawab dalam Menggunakan Media Sosial dalam Berdakwah” di Mushola At Taqwa, perumahan Graha Tasindo Desa  Tarai  Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar  pada Jumat, 31 Mei 2024

Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi dari tiga orang mahasiswa kelas 4C, yakni Nurzakia Widya Ningrum, Muhammad Hafish, dan Muhammad Hafis. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan tentang multimedia, budaya dalam menggunakan media sosial (dampak positif dan negatif), serta pemanfaatan media sosial dalam mencapai efektivitas kegiatan dakwah.

Nurzakia Widya Ningrum membuka sesi dengan memberikan pengenalan tentang multimedia, meliputi definisi, jenis, dan perannya dalam kehidupan modern. Ia menekankan pentingnya memahami multimedia sebelum memanfaatkannya untuk berdakwah.

Selanjutnya, Muhammad Hafish memaparkan tentang budaya dalam menggunakan media sosial beserta dampak positif dan negatifnya. Ia mengajak masyarakat untuk bijak dalam memanfaatkan media sosial agar terhindar dari pengaruh negatif yang merugikan.

Pada sesi terakhir, Muhammad Hafis membagikan tips dan strategi pemanfaatan media sosial dalam mencapai efektivitas kegiatan dakwah. Ia menekankan pentingnya menyesuaikan konten dengan karakteristik audiens serta memanfaatkan fitur-fitur media sosial secara optimal.

Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Riziq Bakri, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan media sosial yang baik dan bertanggung jawab dalam berdakwah. “Media sosial adalah sarana yang efektif untuk berdakwah, namun harus digunakan dengan bijak dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat sambutan positif dari warga Graha Tasindo. Mereka mengapresiasi upaya mahasiswa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan media sosial yang baik dan bertanggung jawab dalam berdakwah.

Penulis   : Muhammad Hafish

Editor     : Muhlasin, M.Pd.I

About muhlasin

Check Also

Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Manajemen Dakwah Tahun 2024

Pekanbaru, 6 Juni 2024 – Lapangan Voli Fakultas Dakwah dan Komunikasi menjadi saksi dibukanya Pekan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *